membaca adalah kunci pertama untuk mencapai kesuksesan. do the best!

BAHAYA PENYEDAP RASA TERHADAP TUBUH MANUSIA

BAHAYA PENYEDAP RASA TERHADAP TUBUH MANUSIA

By: Rafif Naufi Waskitha Hapsari

*JUDUL

A. PERMASALAHAN :

1. Banyak bumbu masak buatan pabrik yang menggunakan bahan tambahan seperti bahan pengawet, hal ini tentunya akan berdampak negatif pada tubuh manusia terutama usus.

2. Bumbu masak buatan pabrik membuat ibu-ibu melupakan rempah-rempah alami khas indonesia.

3. Bumbu masak buatan pabrik dapat menghambat pertumbuhan anak.

B. SOLUSI :

1. Mengganti penyedap rasa dengan rempah-rempah alami.

2. Membuat diklat dari satu desa ke desa memberikan penyuluhan apa sajakah dampak negatif dari bumbu masak buatan pabrik yang terlalu lama dikonsumsi.

 

1. PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Fakta terbanyak masyarakat banyak menggunakan penyedap rasa semua itu terlihat dari para konsumen yang merasa masakannya kurang lezat apabila menggunakan sedikit bumbu masak. Terutama pada ibu-ibu, penyedap rasa memberi banyak aroma sedap untuk masakan bahkan rasanya pun menjadi khas dan enak. Selain menyebabkan lambatnya pertumbuhan pada anak, penyedap rasa juga membuat daya tubuh pada anak sangat lemah. Sebaiknya himbauan para ahli medis di dengarkan dan diterapkan karena ini untuk kebaikan semua umat. Minimal dengan cara meminimalkan penggunaan bumbu masak atau penyedap rasa buatan pabrik yang mengandung zat kimia dan zat pengawet.

1.2 TUJUAN

Suatu kegiatan pasti memiliki tujuan. Adapun tujuan diadakan penelitian ini adalah:

  1. Agar masyarakat tahu bahwa penyedap rasa itu sangat berbahaya bagi anak, apalagi pada saat masih pertumbuhan.
  2. Agar masyarakat tahu bahwa banyak sekali dampak yang akan terjadi pada tubuh manusia jika terlalu banyak mengkonsumsi penyedap rasa buatan pabrik, dalam jangka pendek ataupun lama.

1.3 PENJABARAN MASALAH

Penyedap rasa atau visin sebaiknya dikonsumsi tidak dengan berlebihan karena mengakibatkan berbagai macam peyakit terutama menyerang anak. Penyakit yang diderita sangat bermacam-macam mulai dari yang biasa-biasa saja sampai mengakibatkan sang anak meninggal. Pertumbuhan anak sangat diperlukan untukdaya kekebalan tubuh bahkan dapat menambah gizi pada anak, agar tidak mudah terserang penyakit.

 

2. PENUTUP

Hasil penelitian tadi mengatakan penyedap rasa memang benar-benar berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Masyarakat dapat mempraktekkan hasil dari penelitian tadi. Manfaat yang di dapat dari penelitian tadi sungguh besar jika memang benar-benar dilakukan, bukan hanya untuk masyarakat tetapi juga untuk departemen kesehatan agar tidak jenuh untuk memberitahukan tentang dampak dari pemakaian bumbu masak tadi. Semoga hasil dari penelitian tadi bermanfaat. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.